Solidaritas untuk Rojava/Kurdistan

Kami mencoba memahami situasi dari setiap kombatan Rojava yang sudah sejak lama berjuang untuk tanahnya dan melawan invasi dari berbagai sisi. Dalam beberapa minggu terakhir, serangan pasukan pendudukan fasis Turki ke daerah-daerah merdeka di kawasan Timur Laut Suriah dengan cepat meningkat. Mulai dari Afrin, kawasan perlawanan Afehba, sampai di depan Manbij dan Ayn Issa, hingga Temir dan sampai ke Derik di Utara-Timur, pasukan pendudukan Turki menggencarkan serangan terhadap penduduk sipil dan pasukan pertahanan revolusioner mereka.
Read More »

Posted in Kabar, Solidaritas | Tagged , | Comments closed

Penjara: Kejahatan dan Kegagalan Sosial

oleh Emma Goldman

 

Pada 1849, Feodore Dostoyevsky menulis di dinding sel penjara mengenai kisal soal Imam dan Iblis. Begini tulisnya :

‘Halo, bapa yang kecil dan gemuk!’ kata iblis pada imam. “Apa yang membuat kamu berbohong pada orang-orang miskin itu, sehingga menyesatkan mereka? Tahukan kamu jikalau mereka sudah merasakan derita siksaan neraka dalam kehidupan duniawi mereka? Tahukan kamu, bahwa kamu dan otoritas negara adalah wakilku di bumi? Kamulah yang membawa sakitnya neraka dengan ancamanmu ke mereka. Apa kamu tidak tahu ini? Nah, kalau begitu, ikut denganku!’

Iblis meraih kerah baju imam, mengangkatnya tinggi di udara, dan membawanya ke pabrik, ke pengecoran besi. Dia melihat para pekerja di sana berjalan dan bergegas ke sana kemari, dan bekerja keras dalam panas terik. Udaranya terlalu sesak dan panas bagi imam. Ia meneteskan air mata, ia meminta kepada setan: ‘Biarkan aku pergi. Biarkan aku meninggalkan neraka ini!’ Read More »

Posted in Artikel | Tagged , , , , | Comments closed

Pemberontakan Walpole 1973: Ketika Tahanan Menjalankan Penjaranya Sendiri

Setelah pembantaian di penjara Attica, narapidana penjara Walpole membentuk serikat tahanan untuk melindungi diri mereka dari penjaga, mengakhiri program perbaikan perilaku, hak kunjungan lebih lanjut, penugasan kerja dan kemampuan untuk mengirim uang ke keluarga mereka dan mengadvokasi hak narapidana untuk pendidikan dan perawatan kesehatan. Serikat itu juga mengakhiri kekerasan terkait ras di dalam penjara, menciptakan gencatan senjata umum antara gencatan senjata etnis dan kesepakatan untuk membunuh setiap narapidana yang melanggar gencatan senjata. Selama perayaan Kwanzaa tahanan kulit hitam, tahanan kulit hitam ditempatkan di bawah ruangan terkunci, membuat marah seluruh tahanan dan mengarah ke pemogokan umum. Narapidana menolak untuk bekerja atau meninggalkan sel mereka selama tiga bulan, yang menyebabkan para penjaga memukuli tahanan, menempatkan tahanan di sel isolasi, dan menolak perawatan medis dan makanan tahanan.

Pemogokan berakhir dengan bantuan para tahanan, ketika inspektur penjara mengundurkan diri. Para tahanan diberikan hak kunjungan dan program kerja lebih banyak. Marah oleh ini, penjaga penjara mogok dan meninggalkan penjara, berharap ini akan menciptakan kekacauan dan kekerasan di seluruh penjara. Tetapi para tahanan mampu menciptakan komunitas anarkis di mana residivisme menurun drastis dan pembunuhan serta perkosaan jatuh ke titik nol. Para penjaga mengambil alih penjara setelah dua bulan, yang membuat banyak administrator penjara dan birokrat berhenti dari pekerjaan mereka dan mereka terlibat dalam gerakan penghapusan penjara. Swa-kelola penjara dan serikat tahanan adalah beberapa gagasan reformasi penjara modern, target jangka panjang anarkis adalah penghapusan masyarakat penjara, polisi dan pengadilan, beriringan dengan keruntuhan kapitalisme. Ini tulisan singkat untuk memahami Pemberontakan tahanan Walpole pada 1973 di Amerika. Read More »

Posted in Artikel | Tagged , , , | Comments closed

Michael Foucault: Siksaan Hingga Penjara

Dalam banyak pemikiran Michael Foucault, kebanyakan orang mengenal aliran filsafatnya cenderung mengenai konsep-konsep strukturalisme atau bahkan hingga ke tahap post-strukturalisme, mesikpun Foucault sendiri tidak mengatakan dirinya memiliki ciri khas seorang strukturalis atau bahkan post-strukturalis.

Pemikiran Foucault memang berada pada tahap masa transisi pemikiran Eropa kontemporer ke arah post-modernisme—pemikiran yang muncul setelah pasca Perang Dunia II atau juga dikenal sebagai aliran filsafat yang lahir ketika kapitalisme lanjutan itu berhasil merongrong dengan halusnya pasca runtuhnya kapitalisme di Eropa. Read More »

Posted in Artikel | Tagged , , , | Comments closed

Seruan Solidaritas Rojava

 

“Hancurkan Fasisme Turki”

Diterima dari: Pusat diplomatik pemuda Rojava
Kampanye Riseup4Rojava berfokus untuk memperlihatkan kejahatan yang dilakukan oleh negara fasis Turki untuk menindas oposisi dan memperluas wilayahnya. Di bawah slogan “Hancurkan Fasisme Turki”, kupikir akhirnya kalian yang paling tahu kata atau slogan apa yang cocok untuk konteks orang Indonesia.  Mungkin terdengar masuk akal untuk dikampanyekan secara umum karena pada level itu, slogan tersebut mudah dimengerti daripada meletakkan pesan rinci pada spanduk yang membutuhkan pengetahuan tentang latar belakang sebagaimana Revolusi Rojava tidak begitu dikenal publik Indonesia.
 Serkeftin,
 Ag.
Posted in Solidaritas | Comments closed

Panggilan solidaritas finansial untuk Tahanan Yunani

Dalam periode waktu yang krusial ini, dengan penyebaran virus dan mekanisme menjijikkan yang ditetapkan oleh negara, minimnya proses penanganan terhadap pandemi dan tidak adanya jaminan kesehatan masyarakat, sehingga sangat sulit untuk memperoleh sumber daya untuk mendukung kebutuhan material para tahanan Yunani yang mendekam di balik jeruji. Ancaman virus bagi para tahanan dua kali lipat lebih menakutkan dibanding kita yang memiliki pilihan dan akses yang fleksibel.

Beberapa kamerad mempertimbangkan ketersediaan dana solidaritas bagi rekan-rekan tahanan, tujuan dasar dari tindakan ini adalah mengupayakan kehidupan yang layak bagi rekan – rekan yang dipenjarakan karena  gerakan politik; tindakan subversif; atau pemberontakan sosial. Dana solidaritas diperuntukkan untuk membantu keadaan darurat (seperti biaya pengadilan dan bebas dari penganiayaan). Namun, tindakan solidaritas praktis lainnya seperti komunikasi serta perjuangan terpadu antara orang-orang di dalam penjara dan orang-orang di luar penjara, tetap menjadi prioritas. Read More »

Posted in Kabar, Solidaritas | Comments closed

Menulis Surat Kepada Tahanan

Menulis surat kepada tahanan adalah bagian yang sangat penting dari dukungan tahanan. Ini adalah cara untuk menunjukkan solidaritas kita, serta penting untuk membangun gerakan yang kuat di mana kita saling menjaga satu sama lain. Ya, jangan pernah tinggalkan kawan yang di penjara ketika ia tidak menyebutkan namamu sama sekali kepada polisi. Read More »

Posted in Artikel, Solidaritas | Tagged , , , | Comments closed

Kronologi penangkapan buruh PT. VDNI, Konawe, Sulawesi Tenggara

Senin (14/12/2020), unjuk rasa yang dilakukan buruh pabrik PT.VDNI bertujuan untuk meminta kejelasan status dan kenaikkan gaji. Dalam aksi pemogakan terdapat ratusan buruh yang terlibat dan aksi tersebut berlangsung kurang lebih tiga hari. Buruh melakukan pembakaran dua excavator dan perusakan fasilitas pabrik. Read More »

Posted in Kabar, Solidaritas | Tagged , , , | Comments closed

Security Culture 101/I (PC, Laptop, dan perangkat digital lainnya)

 

Kolaborasi Palang Hitam Anarkis dan Kolektif Eyes and Ears (Prancis)

Panduan singkat mengenai Tor Browser dan RiseUp VPN

“Bisakah lembaga negara mengetahui situs web yang kita kunjungi, dan mengetahui apa yang kita lakukan di situs web tersebut?”. Pertanyaan mendasar dalam hal ini: Read More »

Posted in Artikel, General | Tagged , , , , , | Comments closed

Bata Demi Bata: Membangun Dunia Tanpa Penjara

oleh Layne Mullett

Waktu baca: 40 menit. Sangat disarankan untuk dibaca kala senggang.

Sejak publikasi karya Michele Alexander, The New Jim Crow: Mass Incarceration in the Age of Colorblindness pada tahun 2012, ada banyak pembicaraan tentang perlunya mengakhiri pemenjaraan massal (Mass Incarceration). Semakin banyak orang berbicara secara terbuka tentang implikasi moral dan finansial dari mempertahankan sistem penjara terbesar di dunia. Namun, apa arti penting mengakhiri pemenjaraan massal, dan apa yang diperlukan untuk mengakhirinya, masih kurang jelas. Read More »

Posted in Artikel | Tagged , , , | Comments closed