Tentang Kami

SIAPA KAMI?

Palang Hitam Indonesia adalah jaringan kerja untuk jejaring informasi, kampanye solidaritas, bantuan medis dan legal bagi kriminalisasi aktivis anti-otoritarian, yang dibentuk pada Mei 2018 di Indonesia. Kami terdiri dari militan anarkis, mahasiswa, warga sipil biasa, orang-orang kesehatan/kedokteran maupun aktivis lapangan yang berkegiatan untuk tujuan-tujuan yang telah kami jelaskan di atas.

KERJA-KERJA KAMI

Dalam kerjanya, Palang Hitam bersifat non-hierarkis dan terdesentralisasi, dimana tiap unit di masing-masing kota terkoordinasi dan mampu melakukan kerja-kerjanya secara otonom dan berdasarkan inisiatif individu. Kami membagi Palang Hitam menjadi dua seksi, yaitu:

1. Medis : Menghadapi kekerasan sistemik dan sudah diduga yang merupakan respon negara atas ekspresi politik kita, kelompok Palang Hitam Indonesia berupaya menyediakan bantuan pertama sebisa mungkin di lapangan dalam tiap aksi protes dan aksi langsung. Kami akan mengupayakan tersedianya fasilitas dan tenaga medis jalanan di kota-kota dan lokasi konflik yang spesifik di titik-titik perlawanan yang intens, seluas dan seterbuka mungkin, serta belajar bersama dengan medis jalanan individual maupun Monitor Medis di tiap afinitas, kolektif dan organisasi. Kita akan melakukan diskusi serta kajian mengenai taktik dan strategi kepolisian dalam memperlakukan demonstran.

2. Legal : Meningkatnya konfrontasi rakyat melawan negara, menghasilkan konsekuensi kriminalisasi dan penahanan aktivis anti-otoritarian. Palang Hitam mengupayakan bantuan legal dengan melakukan galang dana, penyediaan bantuan hukum, kampanye solidaritas dengan jaringan anti-otoritarian Indonesia maupun internasional, penyedian saluran komunikasi ke dalam/luar penjara, penyediaan literatur dan bacaan bagi tahanan, bantuan serta dukungan psikologis bagi tahanan dan keluarganya, atau, apapun yang diperlukan.

 

HUBUNGI KAMI
Instagram : @palang__hitam
Surel : palanghitam@riseup.net
Blog : https://palanghitamanarkis.noblogs.org/